Kertas merupakan salah satu benda yang banyak digunakan karena begitu banyak manfaat yang dapat diperoleh dari kertas. Setiap orang akan selalu terlibat dengan kertas mulai dari bangku sekolah hingga menjalani kehidupan sebagai seorang ahli profesi.

Namun kertas adalah material yang bersifat sekali pakai, karena setelah digunakan kertas tersebut cenderung dibuang begitu saja. Padahal untuk membuat kertas dibutuhkan proses yang cukup rumit dan bahan baku yang banyak. Bayangkan berapa banyak pohon yang sudah ditebang untuk membuat kertas yang kita manfaatkan saat ini.

Sampah dari kertas memang tidak memberikan efek negatif seperti sampah-sampah dari bahan plastik atau metal. Karena kertas mudah terbakar dan masih mudah terurai oleh tanah. Namun bukan berarti bisa menggunakan kemudian membuang kertas sesuka hati.

Penggunaan kertas perlu dikontrol supaya tidak memerlukan bahan baku baru untuk membuat kertas. Sebagai mana yang telah diketahui, bahwa kertas dibuat dari pulp yang melibatkan pohon-pohon di bumi ini. Semakin banyak kertas dibuat maka semakin banyak pohon berkurang sehingga akan berdampak buruk kelestarian lingkungan.

Apa Yang Bisa Dilakukan dengan Kertas Bekas?

Kertas yang sudah tidak digunakan biasanya hanya dibuang atau dibakar. Atau mungkin sebagian masyarakat menjualnya ke pemulung atau bank sampah. Namun Anda dapat sedikit kreatif dengan kertas-kertas yang tidak Anda gunakan lagi dengan mendaur ulang kertas tersebut sehingga menjadi kertas baru yang siap pakai.

Apakah Mendaur Ulang Kertas Susah?

Mendaur ulang kertas tidak serumit mendaur ulang metal karena dapat dilakukan dengan cara yang sederhana, alat dan bahan yang murah, dan dapat dilakukan oleh siapa saja.

Apa Saja Alat dan Bahan untuk Mendaur Ulang Kertas?

Bahan-bahan yang diperlukan untuk mendaur ulang kertas adalah tumpukan kertas bekas yang akan didaur ulang, lem kayu, air, dan zat pewarna. Zat pewarna dapat menggunakan yang alami seperti kunyit atau daun suji.

Selain itu dibutuhkan alat-alat sederhana seperti bingkai kayu yang dibuat sesuai dengan ukuran kertas yang akan didaur ulang, wadah (ember atau sejenisnya), blender, papan/triplek, kain, dan gunting.

Bagaimana Cara Mendaur Ulang Kertas?

Kertas hasil daur ulang tersebut sudah siap dan bisa Anda gunakan untuk berbagai keperluan. Anda juga bisa menjadikan kertas tersebut untuk berbagai macam kerajinan tangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *