Buah dan sayur umumnya selalu disimpan di kulkas karena tidak memungkinkan untuk menghabiskan seluruhnya. Selain itu, buah dan sayur dipilih untuk disimpan di kulkas agar tetap awet dikonsumsi lain waktu.

Meskipun dapat mengawetkan berbagai jenis makanan baik itu buah dan sayuran, ternyata ada beberapa jenis buah dan sayuran yang lebih baik tidak disimpan di dalam kulkas.

Bukan tanpa alasan, ternyata menyimpan buah dan sayuran di suhu ruangan akan mampu menjaga kandungan nutrisinya. Berikut adalah beberapa buah dan sayuran yang tidak perlu disimpan di kulkas.

Bawang

Ada baiknya bawang disimpan pada suhu ruangan dan tidak terkena sinar matahari secara langsung. Kulkas dapat meningkatkan kelembapan bawang dan teksturnya menjadi lunak juga tumbuh jamur.

Daun Kemangi

Daun kemangi ketika disimpan di kulkas justru akan membuat layu. Jadi baiknya, daun kemangi disimpan di dalam toples berisi air agar kemangi tetap segar ketika ingin digunakan.

Tomat

Tomat yang sering kamu konsumsi ternyata sebaiknya tidak disimpan di kulkas. Namun tidak masalah juga jika dimasukkan ke dalam kulkas. Hanya saja, tomat sudah dalam keadaan dipotongan sehingga dapat memperlambat pembusukan.

Ubi-Ubian

Menurut United States Potato Board, menyimpan kentang di kulkas dapat membuat pati alami kentang berubah menjadi gula sehingga rasanya manis dan kurang enak.

Nah, baiknya jenis ubi-ubian ini disimpan dalam kantong kertas yang sedikit cahaya agar membuatnya lebih tahan lama bahkan hingga 3 minggu. Jika terlalu banyak cahaya, maka kentang akan berkecambah.

Paprika

Ternyata paprika ketika disimpan di kulkas dapat menghentikan proses pematangannnya. Jika di luar ruangan, maka paprika akan lebih segar rasa pedas manisnya.

Alpukat

Untuk alpukat sebaiknya dibiarkan di dalam suhu ruangan agar matang dengan sendirinya. Jika sudah matang, maka alpukat baru boleh disimpan di dalam kulkas agar memperlambat pembusukannya. Kalau bisa maksimal penyimpanan alpukat di kulas hanya selama tiga hari.

Pisang

Kalau yang ini mungkin sudah banyak yang tau bukan? Pisang jika disimpan di dalam kulkas mungkin akan tampak menghitam kulitnya seolah sudah busuk. Jadi biarkan pisang di suhu ruangan agar pematangannya lebih cepat yah.

Untuk menjaga kesegaran pisang, lapisi pisang dan batangnya dengan plastik warp kemudian simpan pada suhu ruangan. Membungkus pisang dan batangnya akan mencegah pelepasan gas etilen sehingga proses pematangannya bisa lebih lama.

Semangka dan Melon

Dua jenis buah ini sangat kaya akan kandungan antioksidan. Namun, menyimpannya di dalam kulkas ternyata mampu memecah kandungan antioksidan tersebut.

Sitrus

Lemon, jeruk dan limau memang lebih baik disimpan di suhu ruangan. Jika menyimpannya di dalam kulkas, buah tersebut tampak kusut karena kandungan air bahkan vitaminnya berkurang.


Referensi
Popmama : Jangan Salah, Sayur dan Buah Ini Tidak Perlu Disimpan Dalam Kulkas!

Ilustrasi : Unsplash @chantalgarnier