Dampak Corona atau virus Covid-19 kini semakin meluas. Hingga artikel ini terbit, setidaknya ada 172 orang yang positif, 5 meninggal dan 9 pasien telah sembuh. Angka yang terus meningkat ini berbanding terbalik dengan ketersediaan hand sanitizer yang mampu mencegah penyebaran dampak Corona.

Tidak hanya hand sanitizer, masker juga mengalami kelangkaan lantaran permintaan yang sangat tinggi di pasar. Akan tetapi, taukah kamu bahwa kita bisa mengatasi kelangkaan ini dengan membuat hand sanitizer alami dan sederhana?

Ya, tentu saja kita bisa namun tidak sebaik hand sanitizer dengan merek ternama lainnya. Paling tidak, kamu bisa mencegah keterjangkitan Corona dengan bahan alami dan bahkan mulai dari sendiri.

Hand Sanitizer Alami
Gambar : livingwellmom.com

Namun, sebelum membahas cara pembuatatnnya, perlu diingat bahwa penulis bukanlah seorang tim medis profesional. Belum ada peneltiain yang menyebutkan bahwa bahan di bawah dapat membunuh virus Covid-19 ataupun Corona. Jadi, artikel ini hanya sekedar saran mengingat beberapa bahan dapat berfungsi untuk menangkal bakteri dan virus.

Bahan Buat Hand Sanitizer Alami

  • Gel Aloe Vera 100%
  • Minyak Pohon Teh atau Essentsial Oil Lainnya
  • 1 1/3 Gelas Alkohol 90%

Cara Pembuatan Hand Sanitizer Alami

  • Pertama, pastikan kamu sudah menyiapkan gel dari aloe vera yang didapatkan. Usahakan tidak mencampurkannya dengan air agar 100% gel. Setidaknya kamu butuh 2/3 gelas saja
  • Selanjutnya, aduk gel yang sudah ada di dalam wadah bersama Alkohol 90%.
  • Setelah diaduk, kamu tinggal tambahkan saja minyak pohon teh atau Lavender ataupun Essential Oil (minyak alami dari tanaman) lainnya
  • Langkah terakhir adalah dengan memasukkannya ke botol untuk dibawa saat keluar rumah.
  • Agar tidak berantakan saat dimasukkan ke botol, kamu bisa coba gunakan plastik seperti gambar di atas. Ujung plastik yang tidak terisi dimasukkan dahulu ke botol dan ditekan hingga gel turun ke botol.

Alkohol 90% tentu sangat berguna untuk membersihkan tangan kita dari bakteri yang menempel. Essential oil dapat berfungsi sebagai aromatheraphy untuk memberikan bau pada hand sanitizer alami yang kita buat.

Meskipun demikian, essential oil tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bahkan harus dipilih sendiri karena bisa menimbulkan reaksi alergi bagi beberapa orang. Sedangkan untuk aloe vera sendiri sudah sangat banyak manfaatnya. Pada dasarnya, gel ini mampu membutuh kuman dan bakteri sehingga beberapa pengobatan jerawat sering menggunakan aloe vera.

Cara sederhana di atas menggunakan bahan yang cukup mudah ditemukan. Bagi beberapa daerah, mungkin akan sulit menemukan alkohol 90% mengingat permintaan yang cukup tinggi karena wabah Covid-19.

Jaga kesehatan bisa mulai dari diri sendiri loh, seperti membuat hand sanitizer sederhana ini. Hindari tempat ramai dan pastikan lingkungan bersih. Menjaga lingkungan bersih bisa menggunakan aplikasi penjemputan sampah Pemol – Pilah Sampahmu! Jangan khawatir, sampahmu akan dijemput oleh mitra Pemol kami.

Mari gunakan Pemol – Pilah Sampahmu!, aplikasi penjemputan sampah karya anak bangsa. Lebih lengkapnya, kunjungi halaman ini.