Di tengah pandemi yang sedang berlangsung di Indonesia, seluruh lapisan masyarakat diminta untuk saling membantu satu sama lain. Akan tetapi, hal tersebut seolah tidak dicerminkan oleh aksi seorang YouTuber yang menjadikan sampah sebagai bahan prank mereka.

Prank” adalah istilah modern untuk mengerjai seseorang. Dipublikasikan di YouTube, aksi kedua pemuda tersebut ternyata mendapat kecaman keras dari berbagai kalangan masyarakat. Bagaimana tidak, mereka memberikan bantuan “sembako” yang isinya sampah bahkan berjenis organik kepada waria ataupun transpuan.

Kejadian ini terjadi tepatnya di Bandung, Jawa Barat. Saat diberikan, transpuan tersebut tampak bahagia melihat paket “sembako” yang sebenarnya berisikan sampah. Bahkan mereka berterimakasih sambil melambaikan tangan untuk mengungkapkan rasa terimakasih tersebut.

Dalam video tersebut, mereka juga mengatakan bahwa aksi itu adalah bentuk protes mereka terhadap transpuan yang diduga masih tidak mematuhi peraturan pemerintah dalam melaksanakan PSBB.

https://www.instagram.com/p/B_uNLeagO60/?utm_source=ig_embed&utm_campaign=embed_video_watch_again

Mereka juga enggak mematuhi pemerintah, PSBB. Dia juga tidak mematuhi pemerintah, jadi kalian jangan hujat kita, kita hanya mau membantu pemerintah” ujar Ferdian yang dikutip langsung dari Kompas.com (4/5).

Bukannya dapat pembelaan, pria yang melakukan prank tersebut kini menjadi bahan amukan warganet. Beberapa informasi menyebutkan bahwa mereka sedang dicari oleh aparat kepolisiaan namun tidak dapat ditemukan di lokasi tempat tinggalnya.

Dilansir dari IntipSeleb.com (5/5), diketahui Ibu Ferdian meminta maaf kepada seluruh masyarakat karena aksi anaknya tersebut. Tidak hanya Ibu Ferdian, ternyata Ferdian sendiri mengunggah video minta maaf atas konten mereka namun diakhir dengan kalimat “…. tapi bohong“.

Saat ini postingan tersebut terlihat sudah dihapus oleh Ferdian.

Sampah Jadi Prank
Video minta maaf Ibu Ferdian (Gambar: YouTube tvOneNews)

Kata “sampah” dalam KBBI sejatinya dapat berarti barang atau benda yang dibuang karena tidak terpakai lagi dan sebagainya; kotoran seperti daun, kertas. Jika dilihat dari pengertian ini, barang bekas seperti botol plastik, kertas, alma, karton dan lainnya merupakan jenis sampah.

Prank atau mengerjai seseorang dengan sampah sebenarnya sah-sah saja terutama untuk sebuah komedi. Contohnya melakukan prank membeli barang mewah ternyata di dalamnya hanyalah sebuah botol plastik. Prank seperti ini dilakukan di waktu dan tempat yang tepat.

Berbeda dengan yang dilakukan oleh Ferdian, aksi mereka dilakukan saat masyarakat dihantui oleh kalimat “besok mau makan apa?“. Hal ini tidak lain karena wabah Corona yang menyebabkan banyak orang kehilangan mata pencaharian.

Selain itu, aksi mereka ditujukan kepada transpuan atau waria yang “mungkin” dipandang oleh mereka sebagai penyimpangan seks. Namun bagaimanapun mereka adalah manusia dan aksi mereka jelas untuk merendahkan harga diri serta martabat manusia tersebut.

Dan yang terakhir, aksi mereka menggunakan sampah jenis organik yang jika dilihat dari beberapa potongan video mereka, baunya cukup menyengat. Penggunaan sampah jenis organik dalam video prank mereka terlihat jelas bahwa mereka ingin merendahkan transpuan tersebut.

Ketiga alasan ini yang membuat aksi mereka sangat tidak terpuji bahkan dilaporkan ke kepolisian karena melanggar UU ITE.

Pemol sebagai aplikasi penjemput sampah

Mari hilangkan sikap tak terpuji untuk merendahkan harga diri manusia terutama dengan menggunakan sampah. Gunakanlah sampah untuk hal-hal yang lebih bermanfaat lagi seperti daur ulang atau kreasi DIY.

Bahkan, masyarakat kini bisa menghasilkan uang dari penjualan sampah daur ulang di Bank Sampah. Tidak hanya Bank Sampah, jual sampah daur ulang secara online kini juga tersedia melalui aplikasi Pemol – Pilah Sampahmu!

Menggunakan Pemol jauh lebih bermanfaat daripada menjadikan sampah sebuah bahan guyonan yang tidak bermanfaat. Cukup lakukan pengorderan, tunggu Mitra Pemol datang dan terima uang hasil penjualan saat transaksi selesai dilakukan.

Yuk coba gunakan aplikasi Pemol – Pilah Sampahmu! karya anak bangsa, karena sampah jauh lebih berharga dari yang kita kira.


Referensi
Youtube TVOneNews : Sambil Menangis, Ibu Tiri Youtuber Ferdian Paleka Minta Maaf Atas Kasus Bantuan Isi Sampah
KBBI : Arti “Sampah”
IntipSeleb : Ibu Ferdian Paleka Menangis Minta Maaf ke Waria yang Jadi Korban
Kompas.com : Video Viral YouTuber Ferdian Paleka Minta Maaf Kasih Waria Sembako Isi Sampah, tetapi Bohong

Instagram : @infobandungkota

One Response

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *