Pisang pisang memberikan banyak manfaat kepada manusia. Tidak hanya menghasilkan buah saja, di Indonesia pohon pisang telah terbukti sering digunakan sebagai bahan dekorasi dalam berbagai upacara adat. Pohon pisang berkembang biak melalui tunas, sehingga masyarakat mendasari penggunaan pohon pisang sebagai filosofi atau simbol niat luhur pada upacara pernikahan.

Keadaan Iklim tropis yang sesuai dan kondisi tanah yang banyak mengandung humus memungkinkan tanaman pisang tersebar luas di Indonesia. Saat ini, hampir setiap penjuru wilayah Indonesia merupakan daerah penghasil pisang.

Buah pisang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kecanduan rokok dan untuk perawatan kecantikan seperti masker wajah, mengatasi rambut yang rusak, dan menghaluskan kulit.

Hampir setiap bagian dari pohon pisang dapat dimanfaatkan seperti batang, bonggol, kulit, daun, dan jantungnya. Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, masyarakat mulai berinovasi memanfaatkan limbah pisang untuk berbagai keperluan. Pisang merupakan tanaman yang hanya sekali berbuah, kemudian batangnya ditebang dan dibuang begitu saja. Namun, saat ini limbah dari batang pisang tersebut dapat menambah nilai ekonomi dengan membuat sebuah kertas dari batang pisang tersebut.

Batang pohon pisang atau pelepah pisang sangat cocok digunakan sebagai bahan baku pembuatan kertas karena mudah diperoleh dan cara pembuatan kertasnya juga mudah. Kertas yang dihasilkan juga bervariasi sesuai dengan tekstur dan ketebalan yang diseimbangkan dengan kebutuhan dari kertas tersebut.

Berikut ini akan dijelaskan cara membuat kertas dari pelepah pisang dengan tekstur kertas yang agak kasar. Kertas tersebut nantinya dapat digunakan sebagai bahan kerajinan seperti alas mouse, kipas, kotak tisu, dan lain sebagainya.

Bahan dan Alat Kertas Pelepah Batang Pisang

Alat yang digunakan untuk membuat kertas dari pelepah pisang ini cukup sederhana, karena hanya memerlukan pisau, gunting, blender, penggiling adonan (roller kayu), meja (alas berpermukaan rata), saringan halus (bisa menggunakan kain yang bersih) dan plastik bening.

Adapun bahan yang digunakan juga cukup mudah diperoleh yaitu batang pisang dengan ketebalan 3 cm dan diameter antara 17 sampai 25 cm, pewarna makanan (bisa diganti oleh pewarna lain), dan air.

Cara Membuat Kertas Pelepah Batang Pisang

Itulah cara membuat kertas dari pelepah pisang. Kertas yang digunakan berguna sebagai kertas kerajinan. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik atau  kertas yang lebih halus diperlukan teknologi yang memadai.

Namun, dengan memanfaatkan pelepah pisang sebagai kertas bahan baku kerajinan akan membantu dalam mengurangi penggunaan kertas dari serat kayu dan lebih dapat melestarikan lingkungan.

2 Responses

  1. Does your site have a contact page? I’m having trouble locating it
    but, I’d like to send you an e-mail. I’ve got some ideas
    for your blog you might be interested in hearing.
    Either way, great site and I look forward to seeing it
    expand over time.

  2. Appreciating the time and energy you put into your website and detailed
    information you present. It’s good to come across a blog every once in a
    while that isn’t the same out of date rehashed material.
    Great read! I’ve bookmarked your site and I’m adding
    your RSS feeds to my Google account.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *