Masyarakat di Indonesia pada umumnya menggunakan air hasil tampungan di rumah khsusus untuk menyiram tanaman. Hal ini tidak salah, namun ada alternatif yang lebih baik lagi dan tentunya ramah lingkungan.

Jika kamu sering memasak mie menggunakan air rebusan, maka sebaiknya gunakan bekas air tersebut untuk menyiram tanaman. Sebenarnya air rebusan mie bisa dimanfaatkan untuk lain hal.

Contohnya saja adalah untuk merendam kaki saat masih dalam keadaan hangat, mencuci piring kotor dan bahkan bisa membuat rambut kamu berkilau. salah satu manfaat yang cukup penting adalah untuk menyiram tanaman.

Bagaimana Caranya?

Tidak ada langkah yang perlu dilakukan. Ketika sudah meniriskan mie ke dalam piring, pastikan sudah menampung dahulu air rebusannya dan simpan hingga tidak panas lagi.

Ketika sudah mulai dingin, kamu tinggal siram saja ke dalam pot tanaman di rumah kamu. Dalam keadaan hangat sebenarnya tidak masalah juga, hanya saja Danielle Nierenberg, Presiden organisasi nirlaba Food Tank menyarankan untuk tidak langsung membuang air bekas rebusan mie instan.

Lebih Baik untuk Tanaman?

Beberapa sumber menyebutkan bahwa air rebusan lebih baik dari air basah dalam hal menyuburkan tanaman. Air rebusan mie instant juga diketahui mengandung nutrisi baik untuk tanaman berupa zat besi (Fe) dan vitamin juga mineral.

Danielle menambahkan bahwa tanaman menyukai pati dan nutrisi tersebut sangat bagus untuk mendorong pertumbuhan tanaman dan bertindak sebagai pupuk.

Tidak hanya mie instan, hal tersebut juga berlaku untuk sisa rebusan sayur, telur bahkan kentang. Bagaimana, tertarik mencobanya? Daripada airnya dibuang, mending dibuat untuk menyuburkan tanaman. Danielle juga memberi catatan bahwa air rebusannya tidak ditambahkan bumbu lain juga garam.


Referensi
Grid ID : Dinginkan Air Bekas Rebusan Mie Instan Lalu Siram ke Tanaman Hias Anda, Ini yang Akan Terjadi
Instagram : @kertabumirecyclingcenter
Gambar Ilustrasi : Unsplash @randyfath