Beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo menghimbau seluruh masyarakat untuk menggunakan masker jika memang harus melakukan aktivitas di luar rumah. Hal ini seiring dengan himbauan WHO (World Health Oganization) Indonesia mengenai penggunaan masker di luar rumah untuk mencegah pencemaran virus Covid-19.

Menurut data terbaru hingga Rabu (8/4) lalu, jumlah pasien positif di Indonesia sudah mencapai 2.956 dengan jumlah pasien meninggal mencapai 222 orang. Kabar gembiranya, jumlah pasien sembuh di Indonesia juga mengalami peningkatan yang kini mencapai 222 orang.

Selain himbauan penggunaan masker, pihak Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 memberikan penjelasan mengenai jenis masker dan peruntukannya. Penggunaan masker tidak dapat dilakukan secara sembarangan karena satu jenis masker berbeda peruntukannya.

Untuk lebih detail, berikut 3 jenis masker pada umumnya serta peruntukannya.

Jenis MaskerPeruntukannya
Masker KainMasyarakat ketika berada di tempat umum dan melakukan interaksi
Masker BedahTenaga medis dan orang yang sakit
Masker N95Tenga medis yang berinteraksi sangat dekat dengan pasien

Masker kain bisa dibuat oleh masyarakat. Namun usahakan menggunakan tiga lapisan kain atau lebih agar cukup baik dalam filtrasi (penyaringan). Masker ini lebih mudah dibuat sehingga bisa dibagikan ke masyarakat lainnya.

jenis masker
Jenis masker dan plus minusnya (Gambar: Detik Health)

Masker bedah sebenarnya diperuntukkan oleh tenaga medis yang sedang menangani pasien. Selain itu, orang sakit seperti pilek dan batuk juga bisa menggunakan masker ini agar tidak menularkan ke orang lain.

Masker N95 dikhususkan untuk tenaga medis yang memiliki interaksi sangat dekat dengan pasien. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya infeksi tinggi terhadap pasien.

Kebanyakan masyarakat masih belum paham mengenai tiga jenis masker tersebut sehingga sangat sering kita temukan orang yang menggunakan jenis N95 di tempat umum. Ketika banyak yang menggunakan jenis ini, maka dapat terjadi kelangkaan stok bagi petugas kesehatan yang benar-benar membutuhkan.

Baca : Aktivitas Positif di Tengah Social Distancing Covid-19

Sebenarnya masih ada jenis lain seperti Face Respirator yang melindungi pekerja industri dari gas-gas berbahaya. Itulah tiga jenis masker yang perlu diketahui guna memprioritaskan jenis masker kepada yang benar-benar membutuhkan.

Selain menerapkan Social Distancing, pemerintah mengharapkan agar masyarakat bisa menggunakan masker ketika keluar rumah. Mari putus rantai penyebaran virus Covid-19 dengan tetap #DiRumahSaja. Jangan lupa lakukan berbagai aktivitas positif agar tetap ceria menjalani hari ketika di rumah.


Referensi
Detik Health : Mengenal 3 Jenis Masker yang Bisa Dipakai dan Fungsinya
Tribunnews : 3 Jenis Masker dan Peruntukannya Menurut Gugus Tugas, Mulai Dari Bahan Kain Hingga N95
Medcom : 3 Jenis Masker dan Peruntukannya