Jamur Enoki kini menjadi topik pembicaraan karena ternyata menyebabkan wabah penyakit Listeria. Bahkan pemerintah Indonesia bergerak cepat mengantisipasi hal tersebut dengan melakukan pemusnahan.

Penyakit Listeria ini biasanya memiliki gejala yang hampir mirip dengan flu. Mulai dari demam, sakit kepala, sakit punggung, menggigil, mual, muntah dan juga diare. Jika tidak ditangani secepatnya, hal yang ditakutkan terjadinya komplikasi.

Alasan jamur enoki ini dimusnahkan karena diyakini menjadi penyebab wabah penyakit listeria yang menyebabkan 4 orang meninggal dan 30 orang dirawat secara intensif di rumah sakit pada Maret 2020.

Listeria berasal dari infeksi oleh kuman Listeria monocytogenes. Biasanya penyakit ini menyerang ibu hamil, bayi dan lansia. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat menemukan kuman tersebut pada jamur enoki.

Maret 2020 lalu, Ministry of Food and Drug Safety Korea Selatan menemukan Listeria monocytogenes pada jamur enoki produksi dua perusahaan asal Negeri Ginseng itu.

US Food and Drug Administration Amerika Serikat menemukan bahwa wabah ini berasal dari jamur enoki yang diproduksi oleh Sun Hong Foods dari Korea. Dengan sigap, pihak Sun Hong Foods langsung menarik semua hasil produksi jamur enoki yang ada di pasaran.

Jamur ini sebenarnya asli dari wilayah Asia. Penyebutan nama jamur enoki berbeda di setiap negara. Di China, jamur enoki disebut Jingu, dan di Vietnam disebut tram vang atau kim cham

Tidak hanya dijadikan untuk makanan, jamur enoki juga dijadikan obat tradisional di China. Penelitian di negara tersebut menyakini bahwa jumlah protein di jamur enoki sama dengan protein pada sayuran hijau. Protein yang terkandung inilah yang menjadi pembentuk sistem kekebalan tubuh makhluk hidup.

Selain itu, informasi lainnya menyebutkan bahwa konsumsi jamur enoki ini dapat meningkatkan kontrol gula darah, menurunkan lemak tubuh, mencegah sembelit dan menormalkan gerakan usus.

Pemusnahan ataupun penarikan ini merupakan perintah langsung dari BKP (Badan Ketahanan Pangan) Kementan sendiri setelah melakukan investigasi. Hal ini juga disampaikan kepada importir agar melakukan pemusnahan dan penarikan produk jamur enoki yang berasal dari Green Co Ltd, Korea Selatan.

Untuk kalian yang sudah membeli ataupun akan mengkonsumsi jamur enoki, sebaiknya tidak dilakukan dahulu. Jika kamu sudah sempat mengkonsumsi jamur tersebut dan memiliki gejala seperti yang disebutkan tadi, ada baiknya memeriksakan diri ke dokter.


Referensi
Halodoc : Jamur Enoki Jadi Penyebab Wabah Listeria, Ini Faktanya
Detik.com : 5 Alasan Jamur Enoki Harus Ditarik dari Peredaran
Tribunnews.com : 8 Fakta Jamur Enoki yang Dimusnahkan Pemerintah karena Diduga Membawa Kuman Sebabkan Wabah Listeria

Ilustrasi : Unsplash @visucy