Membuang sampah sembarang terkadang menjadi kebiasaan buruk yang terus dilakukan manusia. Dampak negatifnya sebenarnya dapat langsung kita lihat di lingkungan yang pada akhirnya akan merugikan manusia itu sendiri.

Selain itu, hewan pun ternyata dapat terkena dampak yang terbilang miris dari kebiasaan manusia membuang sampah terutama jenis plastik.

Umum diketahui bahwa jenis plastik tidak akan terurai sehingga ketika dibuagn sembarangan, maka ada kemungkinan akan kontak dengan hewan. Foto-foto miris ini adalah bukti bahwa sampah terutama jenis plastik dapat membuat sengsara hidup hewan-hewan berikut.

Tidak hanya hewan liar, hewan lucu dan menggemaskan yang merupakan jenis peliharaan juga terkena dampak sampah plastik.

Kepiting Terjebak di Gelas Plastik

Pertama ada foto kepiting yang ukurannya kecil dan terjebak gelas plastik dengan ukuran yang lebih besar. Meskipun masih bisa keluar, tapi tetap saja foto ini cukup miris dilihat.

Bangau Terperangkap Plastik Kresek

Foto berikutnya terlihat seekor bangau terperangkap sampah plastik kresek. Bahkan sampah tersebut sudah berlubang pada bagian paruh dan kemungkinan besar susah untuk dilepaskan sendiri.

Tubuh Penyu Rusak Akibat Plastik

Gambar ini mungkin cukup membuat marah pecintah satwa di Indonesia bahkan di dunia. Tubuh penyu tersebut rusak ketika terlilit plastik tersebut. Ada juga kemungkinan plastik ini sudah menempel sejak kecil dan pertumbuhan tubuhnya mengikuti plastik tersebut.

Bahkan cangkang kepiting pertapa saja menggunakan bekas bohlam. Dampak buangan sampah manusia membuat jenis kepiting tersebut memilih “rumah” yang tidak alami dari bohlam bekas.

Burung Terikat

Burung sanderling susah bergerak karena terikat tali plastik yang sebenarnya tampak kecil. Namun benda sekecil plastik tersebut masih memberikan dampak yang sangat negatif bagi burung sanderling.

Bagaimana, apakah kamu marah ataupun geram melihat foto-foto tersebut? Jika iya, maka hal tersebut wajar mengingat satwa perlu dilindungi dari tindakan berbahaya apapun.

Jika hewan-hewan di atas mati karena buangan sampah manusia, maka keturunan selanjutnya mungkin tidak akan melihat lagi betapa indahnya ragam fauna di dunia terutama Indonesia.

Baca : Tips Zero Waste Sederhana Buat Anak Kos

Hal ini sebenarnya sangat mudah diatas dengan membiasakan diri hidup bersih dan mulai mengubah pola hidup ke arah Zero Waste. Hal sederhananya, dapat dimulai dari memilah jenis sampah.

Selain itu, bisa dengan menjual sampah di aplikasi Pemol – Pilah Sampahmu! Sampah tersebut bisa jadi uang dan dijemput langsung oleh Mitra Pemol. Mudah bukan?

Mari bersama-sama menjaga fauna dan flora kita agar keturunan berikutnya bisa melihat banyak jenis fauna dan flora yang indah seperti sekarang ini.


Referensi
Detik.com : Potret Miris Kala Hewan-hewan Terjebak Sampah Manusia

Gambar: Unsplash @brian_yuri