Penyebaran virus Covid-19 ataupun Corona saat ini masih berlangsung di Indonesia. Meskipun mengkhawatirkan, kabar baik terus berdatangan terutama dari jumlah pasien sembuh yang terus meningkat hingga 2.881 orang dari 14.265 kasus yang terkonfirmasi.

Jumlah pasien terus meningkat diakibatkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah keraguan untuk melakukan pemeriksaan. Beberapa dari masyarakat mungkin saat ini ada yang mengalami demam dan batuk.

Untuk beberapa alasan, mungkin saja kondisi tersebut hanya flu biasa. Namun untuk alasan lain, kondisi tersebut bisa jadi gejala positif Corona. Keraguan seperti ini yang membuat beberapa masyarakat tidak sadar bahwa ternyata dirinya positif Corona dan telah menyebarkan ke orang lain.

Mengatasi hal ini, beberapa situs yang berjalan di bidang kesehatan kini meluncurkan sebuah program online untuk melakukan cek risiko tertular Corona secara online. Jangan khawatir, program ini gratis loh! Lalu bagaimana caranya?

Cek Risiko Tertular Corona Secara Online

Cek Risiko Tertular Corona Online
Cek risiko tertular Corona melalui laman Halodoc (Gambar: Halodoc)

Saat ini program ini dapat digunakan melalui browser ponsel ataupun komputer. Pengecekan secara online dapat kamu lakukan pada tiga situs berikut ini :

Silahkan kunjungi salah satu dari ketiga situs tersebut. Nantinya, kamu akan disuruh memasukkan beberapa data umum seperti nama. Selanjutnya, akan ada sebuah percakapan secara virtual yang isinya berupa pertanyaan.

Setelah pertanyaan keluar, silahkan pilih jawaban “Ya” atau “Tidak” secara jujur. Pertanyaan berikutnya akan keluar ketika kamu sudah memilih jawaban. Ketika telah selesai, nanti akan ditentukan tinggat penularan virus Corona terhadap kamu.

Baca : Cerita Pasien Sembuh Covid-19 Setelah Isolasi Mandiri

Jika risiko tertularnya “Tinggi“, maka kamu akan disarankan untuk melakukan pemeriksaan ataupun isolasi diri terlebih dahulu. Sekarang keraguan kamu mengenai kondisi yang kamu alami dapat terjawab.

Jika sudah ditentukan tingkat risikonya seperti ini, maka ada baiknya untuk segera melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat. Begitulah cara mudah dan gratis untuk melakukan cek risiko tertular Corona secara online.

Cara ini sangat mudah dilakukan dan bisa digunakan oleh siapa saja yang ingin melihat risiko penularan. Pastikan juga untuk memilih jawaban yang jujur agar hasilnya tetap akurat.