Kasus wabah Corona atau Covid-19 di Indonesia terus mengalami peningkatan. Data terakhir hingga Selasa (21/4) lalu menunjukkan bahwa jumlah kasus positif sudah mencapai 6.760 orang dan meninggal 590 orang.

Meskipun demikian, kabar baik mengenai kesembuhan pasien terus mengalami peningkatan. Hingga kini, setidaknya sudah ada 747 pasien yang sembuh.

Jumlah pasien sembuh ini terus mengalami peningkatan hingga mampu melebihi jumlah meninggal. Seluruh pasien sembuh merupakan akumulasi dari pasien yang dirawat di rumah sakit dan isolasi mandiri.

Umumnya pasien Covid-19 akan dirawat di rumah sakit. Untuk beberapa kasus, beberapa pasien diperbolehkan untuk isolasi mandiri terutama yang berusia masih produktif dan tidak menunjukkan gejala.

Hal inilah yang dirasakan oleh salah satu pasien sembuh bernama Simon Nainggolan. Mantan pasien Covid-19 ini melakukan isolasi mandiri setelah seluruh keluarga kecuali anak perempuan pasien dinyatakan positif Corona.

Awal Cerita

Kisah Pasien Sembuh Covid-19
Simon Nainggolan saat menceritakan kisah kesembuhannya dari Covid-19 kepada CNN Indonesia (9/4) (Gambar: CNN Indonesia)

Dalam wawancara oleh CNN Indonesia (9/4) lalu, Simon mengungkapkan bahwa mereka semua tertular dari ibu mertuanya yang lebih dahulu terkena Covid-19. Ibunda Simon sebelumnya mengalami kesusahan dalam bernafas dan akhirnya dibawa ke Rumah Sakit Umum Bunda.

Pada 19 dan 20 April lalu, Simon sudah mengalami demam dan langsung berobat ke dokter. Pada 24 April diberitahukan bahwa Simon memiliki bercak di paru-paru yang disinyalir itu adalah Covid-19. Setelah itu keluarga langsung mengisolasi diri di ruangan terpisah.

Ketika ada pilihan dirawat di rumah sakit atau rumah, pihaknya memilih untuk isolasi diri di rumah saja. Hal ini mengingat masih banyak pasien yang lebih membutuhkan ruangan di rumah sakit ketimbang dirinya.

Pengobatan yang Dijalani

Saat melakukan isolasi diri di rumah, seluruh makanan dan kebutuhan lainnya di antar ke depan kamar. Sedangkan untuk obat-obatan sendiri merupakan resep langsung dari dokter yang menangani keluarga Simon. Mulai dari antibiotik, pereda demam, vitamin C dan E.

Beberapa suplemen, jus dan herbal yang berasal dari air rebusan daun sirih merah juga dikonsumsi oleh Simon.

Baca : Aktivitas yang Bisa dan Tidak Bisa Dilakukan Selama PSBB

Tantangan Terberat

Hal yang terberat dialami ketika masa isolasi adalah ketika ibu mertua keluarga Simon meninggal dunia pada 26 Maret lalu. Pihaknya tidak bisa melakukan pemakaman secara formal untuk menghindari penyebaran.

Simon mengatakan bahwa pemakaman harus dilakukan hari itu juga dan maksimal hanya 5 jam sesuai dengan anjuran pemerintah. Tidak hanya itu saja, pada tanggal 30 Maret, hasil swab test mereka keluar dan dinyatakan positif. Meskipun sudah menyangka hal tersebut, tetap saja informasi ini membuat keadaan semakin berat.

Akhirnya Sembuh

Dengan memanfaatkan vitamin, obat-obatan yang ada dan isolasi mandiri di rumah, keluarga Simon berusaha memulihkan diri. Meskipun masih mengalami kesedihan, Simon selalu berusahan untuk berpikiran positif dan dibantu oleh istri tercinta.

Setelah dinyatakan sembuh, keluarga Simon tetap isolasi diri di rumah dan hanya melakukan interaksi dengan keluarga saja. Mereka bahkan tidak melakukan interaksi dengan tetangga di sekitar rumah.


Referensi
CNN Indonesia : VIDEO: Sembuh Dari Corona Setelah Isolasi Mandiri